Saturday, October 20, 2012

ibu rumah tangga vs wanita karir

Beberapa hari lalu, sy diminta adek2 farmasi unair untuk mengisi kajian jmt (21okt2011) dg materi wanita karir vs ibu rumah tangga. Saat itu sy tny kpd adek yg mengundang, kenapa mengangkat tema ini?
Ya, krn tema ini merupakan rangkaian dr 2materi sblmnya. Muslimah, who am i? Dan peran muslimah (termasuk didalamnya peran dan keutamaan mjd istri dan ibu)
Nah, pekan ini kami mau tahu,sbg wanita yg mengenyam pendidikan, kami jg dibatasi pula dg kodrat sbg seorang ibu. Kurang lbh bgt.

Yah, dan akhirnya inilah ijtihad sy yg tersampaikan kpd adek2 farmasi siang kmrn.

############

Sebenarnya ndak pas kalo judul diskusi kita kali ini menggunakan kata versus "vs" krn itu ndak sebanding. Tdk bs dibandingkan. Tdk seperti pertandingan tinju, yg saling menjatuhkan, mengalahkan.

Satu prinsip yg mesti qt sepakati dulu adlh bahwa mjd Wanita karir itu pilihan. Tp mjd ibu rmh tangga adalah suatu kewajiban. Dan memang seluruh peserta menyepakati point ini. Kita tdk bicara kondisi ketika kita msh lajang. Tp kita bicara pilihan yg mesti qt ambil saat kita telah memasuki biduk rumah tangga, menikah.
Apakah kita memutuskan "hanya" menjadi ibu rumah tangga saja. Atau kita memilih menjadi ibu rmh tangga yg juga bekerja.
Beberapa peserta diskusi yg sy sempat tanya, semuanya mengungkapkan keinginannya u/mjd ibu rumah tangga yg jg bekerja.
Ndak masalah bagi sy, krn mereka adlh para mahasiswa, yg tentu saja akan ada perasaan "sayang" kalo ilmu yg susah2 dicari selama sekian tahun, ternyata harus menguap percuma tanpa aktivasi.

Namanya jg pilihan. Maka tentu akan ada proses memilah dan memilih, mengukur, menganalisa, mempertimbangkan dan akhirnya menjatuhkan pilihan. Tp sebelumnya, sy akan menceritakan 4 ilustrasi berikut ini:

1. Cerita ibu RT yg sukses.
Beliau "hanya" menjadi ibu rt aja. Beliau tdk pernah malu dg predikat ibu rt yg disandangnya. Krn ibu rt jg layaknya wanita karir, bahkan harus memiliki kompetensi lebih. Karena ibu ia jg guru, bg anak2x, ia jg sekertaris pribadi bg suamix, ia juga koki bg keluarganya, menteri keuangan, dan lain sebagainya. Sy melihat Keluarga beliau jg harmonis. Anak2x jg terpantau pendidikanx. Gizix. Dll.

Pernah sy ngobrol dg salah satu putri bliau yg saat itu blm genap usia 4thn. "wah, dek naura uang tabunganx banyak bgt ya?, emang ntar mau dibuat apa uangnya?", tanya sy ktika melihatnya memasukkan uang2 receh di celengan plastiknya. Sy pikir ia akan bilang untuk beli baju, beli mainan, beli sepeda, atau jwbn lain yg sering sy temui sblmx. Tp Jawaban yg tak terduga meluncur reflek dr bibir mungilnya. "Infak!"
Luar biasa! Jwbn yg membuat sedikit bnyk jd tahu bgmn pola pengasuhan ibunya dirumah.

Belum sampai disitu. Dilain kesempatan sy jg dibuat tercengang dg obrolan kami selepas pulang tarawih saat itu.
"wah, coklat dek naura kayaknya enak tuh, tante blh minta?", goda sy. "kata umi kita ndak boleh minta2 tante. Kalau dikasih br boleh" deg!!

Yup, ini adlh salah satu contoh ibu rt tdk bekerja yg sukses menurut sy.

2. Cerita ibu rt yg tdk bekerja namun msh belum dikatakan berhasil membina keluarganya, terutama anak2x. Salah satu indikatornya, Anak2 begitu hapal lagu ayu ting2, lagu peterpan,lagu justin beiber,dsb. Dan lagu2 itu bercerita ttg cinta, sbuah lirik yg tdk layak konsumsi bg mereka yg jg blm genap 10thn. Dan fenomena ini marak disekitar kita. Mengapa? Karena mrk, para ibu rt ini punya bnyk waktu luang. Dan itu digunakan u/ ngrumpi, menyimak tiap episode sinetron, arisan, berselancar di facebook,dsb. Walaupun ndak semua ibu spt ini.
Padahal mestix bnyk yg bisa dilakukan. Tmsk blajar skill dan pengetahuan ibu rt. Menambah wawasan dan bekal Smart parenting. Bnyk buku, dan juga radio yg memfasilitasi ini. Bgmn mengOptimalkan golden age, mengatasi anak kalo ketakutan, menyikapi anak yg suka merebut mainan/pelit, memotivasi anak yg malas belajar, dsb.

3. Cerita ttg wanita karir yg blm optimal dlm peranx sbg ibu rt. Ini Bnyk tjadi di msy qt. Brkt pg sblm anak bngun, pulang sore/malam. Tp krn sdh kelelahan, dia lbh pilih istrht drpd menemani anak2x blajar ato skedar main. Dia lbh senang mewakilkan pengasuhan anak2x kpd org lain. Misal ke ne2kx. Kalau menurut sy, ndak usahlah qt titipkan anak2 qt ke neneknya, meskipun bliau jg ndak keberatan. Kasian dulu repot ngrawat qt, masak skrg hrs repot lg ngurus anak qt. Beda kalau hanya sesekali. Atau kalau qt titipkan tiap haripun, qt beri pndamping prt/pengasuh.

Ato yg laen, ibu bekerja biasax melimpahkan pengasuhan sementara ke pembantu rt yg dibayarx. Kalau memang ini yg jd pilihan, maka hati2, selektif memilih prt atau pengasuh.
Suatu hari sy sltrhm kermh kawan lama. Seorang ibu bekerja, profesional, dg gaji yg tdk sedikit menurut sy. Si bungsu yg msh skitar 4thn bgt lekat dg pengasuhnya. Meskipun bundax drmh. Bahkan pengasuh ini lbh hafal makanan yg pantang dikonsumsi oleh si bungsu, krn alergi sesak nafasnya mudah kambuh. Alhamdulillah, kalau punya pengasuh spt ini. Tp tak lama kmd, si bungsu pegang hp sambil joget dan nyanyi india ala briptu norman. Ternyata ia terwarnai jg o/ kebiasaan2 pengasuhnya. Ini hanya contoh sederhana.

Bbrp hari yg lalu sy sempat dibuat tercengang dan marah ketika dpt forward alamat link sebuah video. Rekaman cctv seorang pengasuh yg menganiaya anak majikanx, ktika sang ibu pergi bekerja. usia skitar 3thn. Ditendang, didorong bahkan tubuh ringkihnya diinjak2 berulang kali. Sy tdk kenal sapa gadis cilik malang itu, tp sy marah dan sedih. Terus kebayang2. Padahal tdk demikian ktika sy liat film2 spt final destination bahkan saw sekalipun.
Astaghfirullah..

4. Cerita wanita karir yg sukses sbg ibu rt. Ustadzah yoyoh yusroh sy ambil sbg contohx. Wanita hebat yg br bbrp bln ini menghadap Rabb nya. Kenapa? Krn meskipun kesibukan bliau luar biasa, sbg anggota DPR RI bbrp periode dan seabreg aktivitas lainnya, tp bliau mampu optimal memainkan peranx sbg istri dan ibu dr 13anaknya. Ya, 13 orang anak!! Dan sluruh anak bliau Penghafal qur'an. Prestasi akademiknya jg membanggakan. Keluarga yg bgt harmonis. Membuat stiap ibu iri melihat kesuksesanx. Termasuk saya. Ingin menggali apa rahasia dibalik semuanya. Bgmn mengatur antara kerja,keluarga, dsb. Ada buku baru yg ditulis u/beliau. Yoyoh yusroh, mutiara yg telah pergi. Mgkin ini bs jd panduan bg tiap ibu bekerja yg jg ingin sukses dlm keluargax.


######

Sdh sy sampaikan 4cerita. Ibu rt yg sukses. Ibu rt yg blm sukses. Ibu bekerja yg blm sukses dlm keluarga. Ibu bekerja yg sukses dlm keluarga.

Tinggal bgmn mengambil sikap thdp pilihan mjd wanita karir disamping mjd ibu rt.
Smuanya kembali pd qt msg2. Kemampuan qt.
Sesuaikan dg kapasitas qt. Krn bs jd ia beda tiap org. Asal posisix sbg wanita karir ndak mengurangi peranx sdikit pun u/ mjd madrasah bg anak2x, u mjd mitra suamix dlm membangun sbuah kondisi keluarga yg samara. Dst.

Dan kalaupun memilih bekerja, menurut saya,
Salah satu ptimbanganx adlh apakah kalau qt tdk mjd wanita karir akan bmasalah bg umat. Misal menolak ksmptn jd dokter kandungan, ditengah bnykx dokter obgin laki2,mjd Anggota dewan. Dsb. Intix yg strategis, hanya qt yg bs ambil ksmptn itu. Kalau qt ndak ambil, maka masyarakat luas jg akan menanggung mudharatnya.

Kalo memang jd wanita karir, skalian yg prestatif dan profesional. Jgn cuma jd -maaf- staf kacangan. Ada ato tdk adax qt gda bedax. Sayang, sdh meninggalkan rmh dan anak2 +/- 10jam. Eman dah ngorbankan wkt keluarga kalo kontribusix kecil hanya sbatas gaji, apalagi ndak sebrapa!

###

Kalo sy gmn? Sy bukan wanita karir. Tp sy mom-preuner. Ibu rmh tgga yg enterpreuner. Insyaallah. Sy memutuskan u ndak ngajar. Sy jg sempat Menolak tawaran jd manager catering dg gaji lumayan. Krn sy sdh mengukur diri dan keluarga sy. Tp sy jg pengen punya wadah ekspresi dan aktualisasi diri, tapi menghasilkan secara materi. Krn jujur, stlh menikah, Walaupun suami bs memberi lebih, tetap enak kalo qt pegang uang dr usaha qt sndiri. Trus gmn? Sy pilih kerja yg g perlu ninggalkan tsabita. Tetap bs mantau tiap pertambahan kemampuanx. Ndak melewatkan suapan pertamax, ndak melewatkan langkah pertamax, kata pertamax, dsb

Yup, jd enterpreuner pilihan sy. Ndak terikat waktu. Kerja ayo, ndak kerja jg gda yg negur. Smua kendali penuh ada di qt. Sy jalankan proyek Voucher hotel bersama suami. Sy coba pasarkan Coklat-flanel, Buku mizan. Dsb.
Sy Manfaatkan social media, u pemasaran. Ndak perlu keluar rmh. Kalaupun harus antar barang, ada kurir yg bs kita pakai jasanya. Kalopun ktemu mitra bisnis ttp bs ajak tsabita sambil main.

Skali lg. Wanita karir itu pilihan. Ibu rt adlh kwjbn. Siapkan mulai skrg. Tmsk blajar jd istri sekaligus ib yg baik. Belajar masak, urus rmh tangga, blajar Pendidikan anak dsb. Jgn tggu kalo dah nikah n ktemu mslh br blajar. Sama kayak dokter yg br cari referensi obat saat pasien datang, pasti kelabakan kan?

Apapun pilihanx. Bekerja atau dirumah saja. Ibu rmh tgga adlh prioritas. anak adalah investasi bagi orang tua di dunia dan akhirat! Setiap upaya yang kita lakukan demi mendidiknya dengan ikhlas adalah suatu kebajikan. Dan Setiap kebajikan akan mendapat balasan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ĵάήƍάή marah, Ĵάήƍάή kecewa, ketika anak2 qt tdk menjadi kebanggaan spt yg qt harapkan. Mengaca pd diri sendiri, bgmn qt mendidiknya??

Ketika usia senja, mata mulai rabun, tulang mulai rapuh, atau bahkan tubuh ini hanya mampu berbaring dan tak bisa bangkit dari ranjang untuk sekedar berjalan. Siapa yang mau mengurus kita kalau kita tidak pernah menyiapkan anak-anak kita? Jarang skali Merekatkan jalinan emosional dgnya?

Ketika malaikat maut telah datang, ketika jasad telah dimasukkan ke kubur, ketika diri sangat membutuhkan doa padahal pada hari itu diri ini sudah tidak mampu berbuat banyak karena pintu amal telah ditutup, siapakah yang mendoakan kita kalau kita tidak pernah mengajari anak-anak kita?tdk pernah Menyiapkanx mjd anak2 sholeh yg doax tdk akan putus bg qt, orang tuax?

Apapun pilihanx, bekerja atau tdk bekerja, qt berharap agar allah slalu menuntun langkah qt, mengajari qt, menempa diri qt agar layak menyandang gelar istri shalehah yg dr tangan2 lembut qt tercipta generasi2 yg tangguh, sukses dan bahagia, dunia akhirat.

Wallahu a'lam

»tulisan ini dibuat 1thn lalu, dan sampai skrg sy msh sangat menikmati peran dan slogan "i'm not a working mom, but i'm a mompreneur" dg jd slh satu kontributor buletin u/indosat, pasarkan kerupuk lombok dan mhn doa dr semua , skrg siap2 godhok 2 usaha baru. Mg barakah. Dan yg paling penting, semua sy kerjakan tanpa perlu meninggalkan anak2, krn sy tau bgmn kemampuan sy yg krg bgs bg waktu kalo harus memilih bekerja di luar rumah ˆ⌣ˆ 


ditulis oleh : Ibu Euis Kurniawati

3 comments:

obat pelangsing cepat,aman said...

ibu rt yang baik sama halnya dengan wanita berkarier

fauziah nasution said...

subhanallah... bagus banget tulisannya tapi bagi ibu ibu yang sudah terlanjur berkarir perlu meniru almarhumah Yoyoh Yusra... melibatkan orang-orang terdekat dan pilihan untuk melaksanakan peran ganda. tentunya do'a dan jalinan emosional melalui komunikasi efektif sangat dibutuhkan...... umi hani Padangsidimpuan SUMUT

Wohan Raja Obat said...

jual produk murah

http://gg.gg/3qml3
http://goo.gl/aXHf22
http://goo.gl/piKfL4
http://goo.gl/aUPwol
bit.ly/1HPukDA
http://goo.gl/CSldEU
bit.ly/1KrNFdV
http://goo.gl/QsMfr4
http://goo.gl/1KEAd7
http://goo.gl/eoJFyH
http://goo.gl/gS1GOP
http://goo.gl/5R6Rpr
http://goo.gl/YQV504
http://goo.gl/dnLBd0
http://goo.gl/2Wscyh
http://goo.gl/SXjCZR
http://goo.gl/x9yloZ
http://goo.gl/Snylz4

http://goo.gl/97RTFh
http://goo.gl/QRsrOQ
http://goo.gl/IAujFZ
http://goo.gl/kKgxOH
http://goo.gl/MejQDL
http://goo.gl/9YVrGE
http://goo.gl/bJJDEV
http://goo.gl/ME3kww
http://goo.gl/Jg5yZ2
http://goo.gl/Q7s5qK
http://goo.gl/9FgTDT
http://goo.gl/Apjw6v
http://goo.gl/T1N66q


http://goo.gl/rnfUtR
http://goo.gl/yvhcTt
http://goo.gl/LSRFHX
http://goo.gl/SQkHaf
http://goo.gl/OKSKaV
http://goo.gl/AUBujW