Thursday, October 25, 2012

BERBELANJA TIDAK PERLU REPOT KELUAR RUMAH


Saya adalah seorang ibu rumah tangga muda yang memiliki seorang anak berusia satu tahun. Sebelum menikah, saya berkuliah di sebuah universitas negeri di Jawa Timur di jurusan science. Sejak kecil menyukai dunia organisasi dan gemar melakukan usaha bisnis. Salah satunya waktu masih kuliah, saya membuka Lembaga Bimbingan Belajar dan berjualan baju serta assesoris wanita. Kebiasaan ini berlanjut hingga saya menikah. Cuma bedanya, saat kuliah saya berbisnis dengan offline (bertemu langsung dengan pembeli) sedangkan sejak menikah saya beralih dengan online untuk menawarkan barang dagangan serta meluaskan jaringan.
Kemajuan teknologi telah memudahkan saya untuk melakukan transaksi jual beli melalui internet, mulai dari menawarkan barang dagangan (promosi), mengambil barang dagangan dari produsen, sampai transaksi atau akad pembelian dengan konsumen. Berawal dari apa yang sudah saya kerjakan selama ini dengan dunia bisnis melalui internet, hal ini membuat saya tidak takut ketika suatau waktu saya juga ingin berbelanja atau membeli kebutuhan rumah atau kebutuhan pribadi melalui internet. Ada beberapa hal yang saya perhatikan betul saat saya membeli barang melalui internet :
  • Kejelasan produk
Kejelasan produk yang saya maksud adalah barang yang ditawarkan oleh toko di internet tersebut memiliki branded yang jelas, diproduksi oleh siapa dan saya melirik barang yang ditawarkan dengan keterangan mendetail untuk jenis barang yang dijualkan. Sehingga saya yakin dengan pilihan yang akan saya berikan dan tidak membuat saya kecewa.
  • Kejelasan Identitas Penjual
Hal ini sangat penting bagi saya. Para pedagang baik individu atau pun toko baik kecil atau pun besar yang ada di internet, saya selalu melihat terlebih dahulu kejelasan identitas penjual, mulai dari nama, nomor telepon, alamat, hingga saya bisa menghubunginya secara langsung. Jika mendapatkan tanggapan yang baik dan memuaskan, maka saya sudah mendapatkan keyakinan kejelasan identitas penjual.
  • Penawaran Transaksi yang Mudah
Kemudahan transaksi pembayaran yang saya beli secara online menjadi salah satu bidikan saya. Misalkan ke sesama rekening yang bisa dengan e-banking. Tentu saja e-bangking yang saya pilih yang tidak berbelit-belit dan tidak memberikan syarat yang memusingkan. Saya berharap, jika suatu saat, ada lembaga semisal Kompas Gramedia yang dikenal  sebagai industri media, yang kabarnya akan turut meramaikan industri e-commerce dengan  diluncurkannya sebuah produk layanan transaksi online, yaitu midazz, semoga layanan ini benar-benar memudahkan konsumen dan para penikmat e-commerce untuk melakukan transaksi lebih mudah.
  • Garansi terjamin untuk barang-barang tertentu
Keberanian penjual atau pun toko-toko dalam memberikan garansi baik perbaikan atau pun pengembalian dengan penukaran barang baru jika terdapat cacat atau rusak, sangat menentukan keyakinan saya untuk melakukan transaksi e-commerce.

Beberapa hal di atas adalah poin-poin yang bias membantu saya dalam menentukan pilihan ke mana dan pada siapa saya bisa mendapatkan barang secara online. Dengan begitu, saya tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan. Begitu pula dengan Anda. Cukup melihat secara online dari rumah atau pun di mana Anda berada, menghubungi penjual, menanyakan informasi barang yang kita butuhkan, dan mencari kemantapan hati pada barang tertentu. Setelah mendapatkan apa yang dicari, hanya cukup dengan transaksi secara online juga, barang akan sampai ke alamat tempat tinggal kita. Gampang dan praktis bukan, dengan kemudahan e-commerce, sekarang Anda tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk mencari barang yang Anda butuhkan. Selamat berbelanja.

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/24/berbelanja-tidak-perlu-repot-keluar-rumah/498020/

http://www.midazz.com/midazz.html

http://www.midazz.com/how.html

https://www.facebook.com/notes/tri-nurhidayati/berbelanja-tidak-perlu-repot-keluar-rumah/10151203523289836

No comments: