Monday, February 25, 2013

Oseng-oseng Kacang dan Wortel ‘Resep Cinta’ dari Ummi untuk Abi

Masih melekat dalam ingatan saat di hari-hari awal pernikahan. Saat itu, saya masih memiliki kemampuan memasak yang sangat sedikit. Setiap kali mau memasak selalu bertanya kepada ibu saya melalui telepon yang kebetulan tinggal berbeda kota dengan saya. Namun saat ibu sibuk sementara makanan harus segera dihidangkan di meja makan, secepat kilat saya mencari resep masakan melalui internet.

Saat browsing saya pun mencari resep masakan yang ringan-ringan. Suatu ketika di hari Jum'at pagi, saya bangun kesiangan dan belum sempat berbelanja bahan masakan. Sementara di lemari es hanya terdapat kacang panjang dan wortel. Bingung mau memasak apa. Kemudian saya membuka catatan resep masakan yang saya dapatkan dari internet, mata saya tertuju pada resep 'Oseng-oseng Telur'. Resep ini saya salin dari situs www.resepkita.com, cara membuat Oseng-oseng Telur yang sederhana. Namun karena bahan yang saya miliki tidak sesuai di resep, saya mencoba membuat Oseng-Oseng Kacang Panjang dan Wortel dengan menggunakan bumbu-bumbu sesuai di resep Oseng-oseng telur tadi.

Saya mengikuti semua saran cara mengolah bahan yang ada di resep. Mulai dari bumbu yang dihaluskan, mengiris wortel dan kacang panjang kemudian dioseng-oseng hingga matang. Baunya sangat harum saat itu, namun karena saya belum ahli dalam penyajian, oseng-oseng yang saya buat saya hidangkan sangat sederhana bersama sayur dan lauk pauk lainnya yang saya buat. Namun peristiwa ini sangat membekas di diri saya, sampai-sampai saya mengabadikan karya hasil memasak saya menggunakan kamera. Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk suami. Saat kami sarapan bersama dari hasil masakan saya, suami tidak berkomentar banyak. Saya mengamati setiap kali suami saya memasukkan makanan ke dalam mulutnya, jika ada ekspresi yang tidak biasa, pasti masakan saya bermasalah. Maklum, pengantin baru, hehe.

Namun hingga kami selesai makan, suami saya masih tetap belum berkomentar apa-apa. Seperti biasa, selesai makan suami bersiap berangkat ke kantor begitu juga dengan saya. Semua barang-barang keperluan ke kantor seperti tas lengkap dengan isinya saya ambilkan untuk suami, kemudian saya mencium tangannya dan kening saya diciumnya kemudian kami akan berangkat ke kantor sendiri-sendiri karena letak kantor yang berbeda arah. Namun hari itu berbeda dengan biasanya, setelah mencium kening saya, tiba-tiba saya dipeluknya dan ada bisikan, "Terimakasih ummi sayang, abi suka masakan pagi ini. Oseng-osengnya enak. Besok bikin lagi ya ...". Ummi adalah panggilan dari suami untuk saya yang berarti ibu, sedangkan kata 'abi' adalah panggilan saya ke suami yang berarti ayah. Panggilan ini untuk membiasakan anak-anak kami nanti. Saat mendengar bisikan itu, saya hanya tersipu malu mendengarnya.

Begitu bahagianya saat jeripayah saya mengalahkan ketidakahlian saya memasak mendapat pujian suami meski itu masakan yang sangat sederhana. Sampai sekarang pun, di usia pernikahan kami yang berjalan di tahun ketiga, suami saya sangat menyukai oseng-oseng buatan saya. Hingga saya terpacu untuk membuat variasi oseng-oseng yang lain biar suami saya tidak bosan. Alhasil, suami saya lebih senang makan di rumah daripada membeli makanan di luar. Begitu indahnya cinta, karenanya apapun bisa terjadi hingga kita mampu mengalahkan ketidakmampuan dalam suatu hal untuk mewujudkan kecintaan pasangan kita.

Berikut ini saya tuliskan resep Oseng-oseng  dari www.resepkita.com versi Oseng-oseng Kacang Panjang dan Wortel buatan saya. Resep ini sederhana sehingga mudah untuk dipraktekkan apalagi masih belajar memasak seperti saya dulu. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.resepkita.com
Dokumentasi Pribadi
Kategori Masakan : Masakan Indonesia

Bahan-Bahan :

100  gram wortel, cincang seseuai selera
200  gram kacang panjang, iris sesuai selera
sendok makan kecap asin
sendok makan kecap penyedap
100  ml kaldu
1/2  sendok teh garam
sendok makan minyak goreng

Bumbu  halus :
siung bawang putih, cincang halus
1/4  sendok teh merica bubuk

Cara Mengolah :
1. Panaskan satu sendok minyak goreng.
2. Tumis bumbu halus.
3. Masukkan kacang panjang.
4. Masukkan wortel.
5. Aduk sampai setengah layu.
6. Tambahkan kecap asin, kecap penyedap, kaldu, dan garam.
7. Aduk sampai semua bahan matang lalu angkat.
8. Sajikan hangat




8 comments:

meta chan said...

Oh so sweet banget, berharap besok aku seperti itu juga hihihi

metachacha.blogspot.com

Tri [Hida Azzam] said...

hehehe, aamiin mbak. kapan nih hari jadinya?

semoga lancar semuanya ya,
terimakasih sudah mampir. maklum nih, sampai sekarang masih belajar masak :-)

Iie maghfuroh said...

Subhanallah. . .
Pasti indah bgt ya,,jd pengen buru2 nikah hehe. . .
bru lg belajar masak jga nh mba...

Tri [Hida Azzam] said...

tenang mbak, nanti semuanya akan berjalan alami. Karena tuntutan, harus bisa masak. apa pun itu, hehe.

ditunggu undangannya ya :-)

tizara said...

wah so sweet banget mbak, memasak utk keluarga walaupun masakannya sederhana pasti akan menjadi istimewa karena dimasak dgn penuh cinta........

Tri [Hida Azzam] said...

mbak @Tizara : iya mbak, luarbiasa sekali rasanya saat bisa menyelesaikan sesuatu hal yang kita belum mumpuni di dalamnya, meski masih sangat sederhana. Apalagi dipuji suami, hehe ...
salam kenal ya mbak

Nunung Nurlaela said...

ehem...siip mbak...btw, hampir tiap hari saya juga masak oseng2, semua dicoba..kadang eksplorasi sendiri. hasilnya tetap enak dan suami suka...:-)

Tri [Hida Azzam] said...

iya mbak Nunung, masih terus belajar berinovasi ini, memberikan yang terbaik. :-)