Monday, February 18, 2013

Meditasi : Sebuah Jalan Menghilangkan TRAUMA Masa Lalu

Ada sebagian orang yang memiliki rasa trauma dalam hidupnya. Rasa itu kadang bisa mengganggu pikiran, bahkan juga akan berpengaruh besar dalam langkahnya menyusun masa depan. Berbagai macam trauma yang ada mulai dari rasa kecewa, kehilangan sesuatu yang dicintai, kekecewaan dalam hidup, serta hal negatif lainnya yang mengendap di dalam pikiran. Banyak hal dilakukan oleh seseorang untuk mengusir trauma yang dirasakannya. Namun semua itu tidak mudah. Butuh kemauan yang kuat dari dalam diri untuk menghapusnya.

Sebagai bentuk usaha menghapus trauma yang dihadapi, seseorang dituntut untuk bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan melakukan MEDITASI. Setiap persoalan yang ada, bukanlah sesuatu yang harus disesali, namun tantangan yang harus dilewati. Itu adalah salah satu manfaat dari meditasi. Selain itu, dengan melakukan meditasi seseorang akan dibimbing menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan dampak positif pada keadaan yang akan datang. Meditasi mampu membuat seseorang kembali mencintai diri sendiri, lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengubah hidup lebih positif.

Meditasi mampu membantu seseorang melalui aktifitas dengan menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan hingga mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Hal ini akan membuatnya fokus pada kehidupan masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Sehingga ketenangan bisa didapatkan sekaligus membuat seseorang bisa lebih menikmati hidup. Itulah mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif.

Klik di sini untuk melihat sumber gambar
Adjie Silarus, seorang meditator yang telah sukses mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan didapatkan di masa depan, namun karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dilakukannya untuk mengikis trauma masa lalu. bahagia pun bisa menjadi sebab, bukan semata-mata akibat.

Meditasi tidak hanya mampu membantu seseorang melepaskan diri dari rasa trauma masa lalu, namun juga mampu menghilangkan kecemasan dan ketakutan akan hal-hal yang belum terjadi. Begitulah yang dikatan oleh Adjie Silarus. Bahkan meditasi mampu menuntun seseorang meraih ketenangan dalam hidup, rasa optimis dan mengubah pikiran yang negatif menjadi positif.

Sekarang, bukan saatnya lagi selalu merasa khawatir jika Anda memiliki rasa trauma. Meditasi telah hadir untuk membantu Anda menghadapinya. Silahkan mencoba !

Tulisan ini diikutkan dalam ajang Personal Branding Award yang diadakan oleh Personal Branding Agency, Indscript Creative

11 comments:

Zulzilah Arth said...

Seumur-umur belum pernah meditasi mbak :)
Meditasi sama tdk ya dg yoga?

Tri [Hida Azzam] said...

Awalnya saya juga belum pernah mbak. Tapi mencoba sedikit panduan Pak Adjie lumayan juga untuk menghilangkan penat. Coba deh, itu seperti mengatur pernafasan dan konsentrasi. Di prease release pertama juga ada penjelasannya

Wiwi Haryanti said...

Ya, aku pernah dan tahu sekali bahwa meditasi memang sangat membantu diri kita untuk mendapatkan ketenangan, dan bisa membantu seseorang untuk menghilangkan trauma akan sesuatu. Walaupun belum pernah ikut meditasi tapi pernah membaca buku tentang hal itu. Aku acung jempol buat mba Tri yang sudah membuat tulisan ini, bagus sekali, boleh dong aku dibagi ilmunya...

Tri [Hida Azzam] said...

ilmunya membaca dan menulis dengan 'ala saya' mbak wiwi ...
wah, kalau sudah pernah baca ditinggal menulis aja mbak, bisa dibagi2 ke kita ilmunya :-)

Marita Ningtyas said...

harus belajar banyak nih sama mbak Tri... bagus2 tulisannya.. #keder... tetap semangat!!! :)

Tri [Hida Azzam] said...

Aduh, melayang aku mbak dipuji :-)
masih belajar juga kok mbak. yup, tetep semangat :-)

Trance Taranokanai said...

Keren euy. Aku malah belum bikin sama sekali. Hehehe

Tri [Hida Azzam] said...

ayo mbak dikebut, keburu buyar kelasnya, hehe

Siti Aisah said...

hebattt, sya sering buka2 blog nya para emak blogger, semuanya hebat, btw tentang meditasi, say udah mulai coba, lumayan say mulai lebih rileks! alhamdulillah,

Vetrieni Bt Munir said...

memenuhi undangan nih Mbak
salaam...ngeblognya dah lama ya, saya baru kepikiran tugas ini, kemaren bener2 tutup mata tutup telinga, lha saya gak pernah ngeblog. Terpaksa deh bangun rumah dulu hehehe, trus syaratnya berat lagi, apaan itu...mesti follow twet-nya indscript juga, saya gak punya kecuali fb...
btw dalam hening meditasi itu ngapain aja...bener2 diem atau zikr?

Tri [Hida Azzam] said...

mbak @Siti Aisah :
iya mbak, semua memiliki karakter dan isi yang unik di blognya. sangat bermanfaat ya, mencoba teknik ini di sela2 kesibukan

mbak @Vitrieni :
Pokoknya semangat nulis terus mbak, saya juga selalu mencoba berusaha begitu. Saya mencoba teknik meditasi itu dengan diam, fokus, mengatur pernafasan, menikmati setiap hembusan nafas yang ada, gak lama kok, sebentar saja sudah lumayan membuat kita rileks.