Saturday, January 19, 2013

Anak Sehat Tanpa Gula Tambahan

         Setiap ibu menginginkan anaknya sehat, memiliki pertumbuhan yang baik dan memiliki kepandaian tertentu. Semua itu sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang diberikan oleh anak lho Bunda. Dilansir oleh okezon.com pada tanggal 7 Agustus 2012, ternyata mengkonsumsi gula tambahan pada anak tanpa diimbangi oleh gizi yang seimbang itu sangat berbahaya. Gula tambahan adalah gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman,baik pada saat produksi, pemasakan, saat persiapan makanan maupun ditambahkan langsung oleh seseorang yang akan mengonsumsinya. Jika berlebihan dalam pemakaian, maka akan menyebabkan anak kelebihan energi. Sehingga bisa menjadi pemicu obesitas atau kegemukan, karies gigi, dan membangun kebiasaan pola makan yang kurang baik saat anak beranjak dewasa. Gula tambahahan banyak sekali terdapat pada makanan semacam bisukuit, cokelat, bahkan pada beberapa susu pertumbuhan anak.
          Untuk mengimbangi asupan gula, maka kita bisa memberikan asupan energi anak dengan makanan yang mengandung lemak, meningkatkan konsumsi buah dan sayur, selain itu juga mengajaknya olahraga secara teratur. Untuk pemakaian gula tambahan yang dianjurkan oleh WHO,  asupan gula tambahan per hari tidak boleh lebih dari 10% dari energi total.Bila disederhanakan, untuk usia 1–3 tahun maksimal 25 gram gula atau lima sendok teh. Sementara untuk usia 4–6 tahun, sekitar 38,75 gram gula atau 7,7 sendok teh.
          Seringkali jika kita menghadapai anak yang sulit makan, maka kita sudah merasa cukup dengan memberikan susu tambahan kepada anak kita, bahkan memberikan makanan instan yang disukai anak. Namun jika kita lihat di setiap komposisi susu tambahan, beberapa di antaranya mengandung gula tambahan. Mencengangkan bukan? Jika solusi yang kita harapkan malah akan membahayakan anak kita? Untuk itu kita harus pandai mengatur pemberian susu tambahan dengan memberikan asupan gizi yang seimbang.
               Sekarang ini, PT Fonterra Brands Indonesia telah berinovasi memberikan solusi kepada para Bunda untuk permasalahan tersebut. Untuk membantu memberikan nutrisi yang lengkap dan tanpa susu tambahan, Anmum Essential telah menyempurnakan formulasi barunya dengan menghadirkan susu tambahan yang kaya nutrisi tanpa gula tambahan dengan menghadirkan rasa yang lezat dan manis dengan gula alami.
           Berikut ini saya mengutip uraian dari www.anmum.com tentang Anmum Essensial yang menjelaskan mengenai pertumbuhan dan kebutuhan nutrisi anak :  
Ketika lahir, anak secara alami menggunakan ke lima indra mereka untuk belajar dan mengenali sekelilingnya. Dengan aktivitas yang membantu si kecil menggunakan lima indranya melalui penglihatan, pendengeran, sentuhan, rasa dan penciuman akan mempercepat kemampuan mereka belajar dan memahami dengan lebih baik. Konsumsi nutrisi yang baik dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan anak.

Anmum Essential diperbaharui dengan NutriVit kombinasi nutrisi yang diformulasikan khusus tanpa gula tambahan untuk melengkapi nutrisi anak anda semasa pertumbuhan dan mengandung nutrisi-nutrisi penting sebagai berikut :
  • NutriVit : Vitamin A , Vitamin C  , Vitamin E dan Selenium, Zat Besi , Seng , Cuprum
  • Protein , Karbohidrat , & Lemak : memberikan energi untuk aktifitas sehari-hari. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Serat pangan ( Inulin & FOS ) untuk membantu saluran pencernaan
  • Kalsium membantu pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang

          Sekarang, kita tidak perlu khawatir lagi akan masalah obesitas, karies gigi, dan lainnya jika ingin memberikan susu tambahan kepada anak . Ada Anmum Essential yang siap membantu para bunda memiliki buah hati yang cerdas dan sehat.
         Dalam pemberian komposisi makanan menurut jam makan dan jenis pemberian makanan, berikut ini tips untuk mengatur menu makanan bagi anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan :
Sarapan pagi segelas susu, sepotong roti, telur, madu, sepotong keju dan sereal.
Antara sarapan pagi dan makan siang diberi salah satu dari jenis buah-buahan, atau segelas juice buah, sepotong biscuit
                        Makan siang sop sayuran hijau lengkap, sepiring nasi dengan daging atau ayam, wortel dan mentimun, segelas susu
Antara makan siang dan makan malam anak diberi dari salah satu sekian banyak jenis buah-buahan, seperti pisang, apel, mangga atau lainnya. Dan diberi susu murni selepas isyak 

         Kesehatan adalah investasi untuk masa depan. Memberikan yang terbaik dalam melengkapi kebutuhan gizi anak-anak sejak dini, pasti akan mampu menjadikan buah hati kita anak yang sehat dan cerdas. Sehingga akan tumbuh menjadi anak-anak yang mampu dalam mengoptimalkan diri di masa yang akan datang. Di sini lah peran terbaik bunda, sebuah kesempatan yang tidak akan pernah berulang di setiap masa pertumbuhan anak-anak kita.

saya dan buku IIDN 'For the Love of Mom'


Tulisan ini dibuat untuk diikutsertakan dalam lomba : WRITING COMPETITION ANMUM BUNDA INSPIRATIF bersama Ibu Ibu Doyan Nulis.

No comments: