Saturday, January 12, 2013

[CINTA dan DAKWAH]

Malam ini, sambil menemani suami yang sedang beramanah di kota seberang, saya tertarik mendengarkan kajian di Radio yang sedang mengundang pengantin baru ^^. Meski tema kajian adalah kajian PraNikah (sebelum pernikahan), namun insyaAllah materi yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mencharge setiap pasangan yang telah menikah. Meski singkat, insyaAllah sangat bermanfaat.

Kajian PraNikah

Da'i itu seperti seorang provokator di dalam kebaikan. Di dalam esensi dakwah, pasti ada bahasan tentang fiqih pernikahan [Fiqh Munakahat]. Kalau seorang dai sudah menikah, maka ketika membahas pernikahan, akan sudah pas dengan bukti nyata yang sudah dilakukan.

Niscaya dan harus, nikah dan dakwah berjalan beriringan. Bahkan keluarga itu harus menjadi keluarga dakwah yang terus beriringan.

Litaskunuu ilaiha : ketenangan di dalamnya. Ketenangan yang dirasakan di dalam pernikahan.
Kebaikan seseorang itu dilihat dari seberapa besar memberikan kemanfaatan di dalam masyarakat, bukan dari ketinggian ilmu yang dimiliki.

KHOLAQO : misteri jodoh yang merupakan hak veto Allah SWT yang sangat luar biasa. Setiap orang pasti memiliki cinta di dalam hatinya untuk semua orang. Namun hanya satu yang Allah pilihkan baginya sebagai jodoh, partner dalam dakwah. Itu adalah rahasia Allah dan tidak akan pernah tertukar. Partner dalam menjalankan perintah Allah dan melaksanakan kewajiban sebagai khalifah di muka bumi.

Rumah tangga dakwah itu, sekaligus juga di dalamnya adalah rumah tangga madrasah, yaitu rumah tangga sebagai tempat belajar antara yang satu dengan yang lain. Keilmuan yang dimiliki oleh setiap pribadi berbeda, sehingga di sinilah setiap pasangan suami istri harus saling mendukung untuk senantiasa belajar hingga terus memperbaiki diri.

Dakwah yang dijalankan oleh dua pasang insan yang telah menikah akan memiliki kekuatan berlipat yang luar biasa. Oleh karena itu lah, pernikahan akan semakin mengokohkan semangat perjuangan dalm dakwah. Kekuatan ini harus senantiasa dijaga meski pasti akan ada ujian-ujian yang insyaAllah akan semakin menambah kekuatan dalam dakwah.

Barakallah ...
InsyaAllah, pernikahan untuk dakwah akan senantiasa dijaga oleh Allah.


Aku, 
kuserahkan cintaku padamu, 
tulus
Nikah karena ibadah, menikah karena ibadah
kan kumohon kan rahmatNya untuk sayangi kita
kan kukuatkan cintaku, cinta karenaNya
Aku berikan maharku untukmu
saksikan, niatku saat kau terima
tanpa keraguan,

cinta ..
cinta ..
cinta ..
cinta karenanNya ...
aku serahkan cinta ...

#demikian ringkasan kajian yang saya dengarkan, semoga bermanfaat.

No comments: