Saturday, January 23, 2010

Sandiaga Uno


“Sandiaga Uno mungkin adalah sosok pria yang digandrungi banyak kaum muda, kaya raya dan rendah hati. Sosok sandi memang merupakan salah satu fenomena dalam jagad bisnis di tanah air. Dalam usianya yang masih terbilang muda, 42 tahun, ia telah dinobatkan oleh majalah internacional Forbes, sebagai orang kaya nomer 29 di Indonesia. 

Total kekayaannya sekitar Rp.800 milyar (wooooww). Melalui perusahaannya yang bergerak di bidang investasi, yakni Saratoga Capital, anak Mien Uno ini telah meneguhkan dirinya sebagai anak muda cemerlang dengan visi bisnis yang maknyus. Dalam tulisan ini, saya akan mencoba mengenal lebih dekat dengan Sandi. Di dalamnya saya mau menelisik dua pelajaran bisnis yang barangkali bisa kita petik. Sejatinya, yang juga membuat banyak orang tertegun, adalah sikap rendah hati dan kehidupan religius Sandi yang amat kental. Ia dikenal sebagai pria yang melakoni ritual puasa sunah Daud (Puasa setiap dua hari sekali, sepanjang tahun). 

Orang yang kaya raya ini ternyata begitu akrab dengan dunia ukhrowi (dunia akherat). Subhanallah. Ia juga tak pernah berhenti shalat sunnah Dhua setiap pagi. Dalam sebuah perbincangan informal, Sandi memberikan pengakuan seperti ini : “Jadi begini, ibadah itu kalau sudah rutin kita lakukan bukan lagi menjadi sebuah kewajiban tapi menjadi sebuah kebutuhan . 

Jadi kalau aku gak shalat Dhuha aja sekali, tiba-tiba ada sesuatu yang hilang, aneh rasanya. Walaupun itu sunnah jadi terasa wajib. Dan aku ngerasain sekali hikmahnya, sudah 7-8 tahun ini rutin aku lakukan, rejeki itu seperti gak aku cari, semua datang sendiri seperti dianter rezeki itukepada saya.” Kalau kalimat di atas diucapkan seorang ustadz, kita biasa mendengarnya. Namun kalau yang bilang adalah anak muda dengan kekayaan 800 milyar, maka NOW thats the power of IBADAH, semoga menurun ke kita.”

No comments: