Monday, August 2, 2010

Persiapan Menjelang Ramadhan


Ya Allah, kumegangumi Rasulullah, dalam jaminan syurgaMu, beliau selalu beribadah tanpa lelah, dakwah selalu terkumandang, begitu juga para sahabat, dalam kavling syurga yang telah Engkau sediakan untuk mereka, bisakah diri ini bisa menjadi seorang hamba yang juga engkau sediakan bagian kavling syurga untukku di akhirat kelak...

Ya Allah, aku ingin bisa sebijak Abu Bakar dalam setiap langkahnya, sekuat umar dalam perjuangannya, se cerdas Ali dalam berfikir dan tindakannya, dan sedermawan Umar yang sungguh mulia.


Ya Allah, bulan suciMu sebentar lagi datang, ijinkan lah diri ini bisa beribadah maksimal meraup pundi2 pahala bekal untuk meraih kavling syurga di akhirat yang Engkau sediakan. Amiin3x



Persiapan Ramadhan (I'dhadu Ramadhan), untuk semaksimal mungkin di dalamnya, ada 4 hal harus kita persiapakan :

1. Persiapan Rukhiyah (I'dadu Rukhiyah)

Dikisahkan dalam Shirah, Abu Hurairah adalah sahabat Nabi SAW. yang masuk Islam pada tahun ke 7 Hijriah. Rasulullah pernah berpesan kepada beliau untuk istiqomah dalam 4 hal :

a. Tidak dperkenankan tidur setelah shalat witir
Dalam prakteknya, Abu Hurairah membagi malamnya menjadi 3 bagian : 1/3 untuk muroja'ah (mengulang belajar) ilmu yang didapatnya, 1/3 untuk ibadah, dan 1/3 untuk tidur

b. Tidak boleh meninggalkan puasa Yaumul bidh (puasa tengah bulan, 13,14 dan 15 H)

c. Tidak diperkenankan meninggalkan shalat Dhuha
di dalam tubuh kita terdapat 360 persendian, setiap hari harus disedekahi persendian tersebut dengan melaksanakan shalat Dhuha minimal 2 rakaat.

d. Membaca Al Qur'an lebih banyak

2. Persiapan Ilmu (I'dadul Ilmi)

Menurut shirah, 10 sahabat yang dijamin masuk syurga di antaranya adalah saudagar. Kesederhanaan dalam kekayaannya, dan kedermawanannya dalam beramal, membuat beliau-beliau mendapatkan jaminan kavling syurganya Allah.

Orang yang berilmu, akan tahu bagaimana cara mendekatkan diri dan mendapatkan kecintaan Allah SWT. Perlu diketahui bahwa orang laki2 yang tidak pernah masbuk 5 kali shalat wajib selama 40 hari berturut-turut dan tidak pernah ketinggalan takbiratul ikhram, akan diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka. Dan setiap doa yang kita kumandangkan, akan mendapat ijabah dari Allah jika kita suka menyegerakan shalat saat adzan menggema.

Beberepa tips ini akan sangat berlipat pahalanya, saat ramadhan tiba... bismillah, semoga kita bis amenjalankannya. AMin

3. Persiapan Jasad (I'dhadul Jasad)

Selama ramadhan, satu bulan penuh, kewajiban puasa jangan sampai membuat kita bermalasan dalam beramal, bekerja dan beribadah.
Jasad / fisik kita harus selalu dijaga agar tetap kuat sehingga kita bisa tetap istiqomah beribadah, shalat tarawih, tilawah, puasa, i'tikaf, dan yang lainnya.
4. Persipan harta (I'dhadul Mal)

dengan memiliki harta atau penghasilan, apalagi lebih, kita bisa saling berbagi dengan orang lain di bulan suci dengan masimal. Salah satunya adalah memberi makan orang yang berpuasa.
Teringat sebuah kisah, saat pemerintahan sahabat Umar bin Khattab, dalam negara yang diperintahnya saat itu, tidak ada satu rakyatnya pun yang membutuhkan zakat.
Semua rakyatnya hidup tidak ada yang dalam kekurangan, karena kedermawanan ummat saat itu. dan teladan yang dilakukan sahabat Umar saat itu, beliau setia malam suka berkeliling kota membawa karunng berisi bahan makanan, dan diberikannya pada rakyatnya agak tidak ada yang kelaparan dan kekurangan. Subhanallah...

satu lagi, di madinah dan di Makkah, ketika ramadhan semua orang berlomba memberi makan orang lain yang berpuasa. Bukan hanya tempe penyet lauk telor ceplok yang mereka berikan, dikisahkan bahwa ada saudagar yang memberi makan untuk berbuka, satu kotak makan itu akan berlauk dengan daging separuh potong ayam, jadi, satu ayam dipotong jadi dua, dan itu menjadi lauk untuk 2 bungkus makanan yang disedekahkan, dan perlu diketahui, sedekah mereka selalu berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus bungkus makanan.
Karena mereka yakin, sedekah tidak akan membuat mereka miskin.

Itu lah 4 hal yang harus kita siapkan menjelang ramadhan. Semoga Allah mempertemukan kita dengan ramadhan dan mengijinkan kita mendulang pahala di bulan sucinYa. AMin3x


Sumber : nge-date d bawah ka'bah asrama haji sukolilo dalam lingkaran indah

No comments: