Sunday, April 11, 2010

JODOH itu, takdir kah ?

Ahad, 4 April 2010
Kamar kos, K III/52
Surabaya

Segala puji bagiMu Ya Allah, penguasa jiwa yang lemah ini
Puji Syukur padaMu Ya Allah, untuk semua anuegrah dan karuniaMu
Maafkan diri ini Ya Allah, untuk semua dosa2 batin dan fisik yang luput dalam kekhilafan diri
Ijinkan diri ini memujiMu dalam syukur hidup ini, bersama dalam cinta dan ukhuwah persaudaraan ini.
Amiin, barakallahufiik

setengah hari ini, di awal pagiku terisi dengan seabrek morning tasks in the boarding house, dan prepare task untuk esok. ba'da dzuhur, teman setia menjemputku dr kos, bersamanya, kulewati laut, lembah, gunung di madura dalam sebuah pencarian, tak urung sangka, ternyata tak ketemu juga pencarian kami, melepas lelah, kami mampir ngintip sirkuit balap mobil, semacam punyaknya valentino rossi tuh lo... apa tuh namanya... hemm,,, itu lah pokoknya. (teman yg kusayangi, jika dikau baca note-ku ini, mari kita bersyukur padaNya, untuk hari ini. maaf, karena kita td belum menemukan apa yg kita cari, kita ambil hikmah ketidakberhasilan pencarian kita tadi, BArakallah). Menjelang maghrib nyampek kos lagi, rehat bentar, tiba2 di benakku teringat sebuah dialog dengan seorang ustadz beberapa waktu yang lalu, yang tak lain adalah dosenku di kampus. Diriku bersyukur, meski dah lulus, beliau tetap setia membimbingku dan memotivasiku dalam sebuah perjuangan. Jazakallah Pak, semoga Allah selalu merahmati njenengan dan keluarga. Amiin

Begini ceritanya... ^_^

kapan waktu itu saya bertemu dengan Pak Ustadz, yg tak lain jg dosen saya, awalnya membicarakan tugas saya dr yayasan, konsultasi bisnis, dan yang panjang malah diskusi jodoh. hehehe...
Dalam diskusi itu, sampai sekarang masih terngiangngiang di benak ini, beliau berkata , "JODOH itu BUKAn takdir lo mbak..."
kontan saja aku kaget bin shok, "lha kok bisa...???"
dengan penasaran kudengarkan penjelsan bapaknya.

"begini, kenapa jodoh bukan takdir?
Jawab : ada pertanyaan sekarang? kenapa meski sudah menikah, kadang ada suami istri yang bercerai? apakah mereka tidak berjodoh?
Jawab : bisa saja mereka tidak berjodoh di dunia, tp berjodoh di akhirat, atau bisa juga mereka tidak berjodoh di dunia dan jg tdak di akhirat [astaghfirullah, semoga jodoh kita adalah jodoh di yang langgeng dunia dan akhirat ya.. amiiin.33x].
lha terus disebut apa pernikahan mereka? bukankah pernikahan itu pertemuan dengan jodoh kita ? jawab : bisa saja iya, bisa saja tidak. ketika pernikahan terjadi, dan langgeng sampai ajal menjemput, ya, itulah jodohnya sampai detik itu, dan ketika di akhirat dipertemukan, berarti mereka berjodoh di dunia dan akhirat. begitu juga sebaliknya."

hemmm....
bingung ya.... [saya dulu juga begitu, bingung, tapi setelah dikupas, ternyata ada keunikan lho...]
mari kita open mind, kita cerna dan kita pahami di balik keistimewahan keunikan pertemuan jodoh ini, kita ambil hikmah dan nilai syar'i sebagai pedoman dan tuntunan kita dari rahasia jodoh ini...

Allah merahasiakan, siapa jodoh kita di dunia dan akhirat, kita tidak bisa meramal siapa jodoh kita. Allah yang mengatur segalanya. kewajiban kita adalah ber-IKHTIAR.
berusaha memperbaiki diri sebaik mungkin, agar ketika kita mencari, kita juga akan dipertemukan dengan orang yang baik olehNya. pun sebaliknya, jika tidak ada ikhtiar yang baik dalam diri maupun pencarian, ala kadarnya juga lah Allah akan memberikan jodoh kepada kita.

Masih ingat firman Allah ?
"wanita2 yg keji adalah untuk laki2 yg keji, dan laki2 yg keji adalah buat wanita2 yg keji (pula), dan wanita2 yg baik adalah untuk laki2 yg baik dan laki2 yg baik adalah untuk wanita2 yg baik (pula)..." (Q.S. An Nur : 26) -> (yang tadi sy tanyain ayatnya, pasti senyum2 klo baca, hehehehe... jazakillah adhekku, td mbak pas lupa, harap maklum... ^_^)

yang ter-PENTING yang harus kita lakukan adalah, perbaikan diri terus menerus, serta berikhtiar dalam pencarian dengan cara yang baik (syar'i) agar Allah memberikan yang terbaik pula buat kita, tidak usah memikirkan bagaimana kita tahu itu jodoh kita atau bukan, karena, jodoh itu RAHASIA-Nya.
Dia akan memberikannya kepada kita, itu PASTI.

Yakinlah, jika proses ikhtiar kita baik, maka akan baik pulalah pemberianNya.
dan berdoalah selalu, jika kita memilih seseorang untuk menggenapkan dien kita, semoga keputusan itu adalah bimbinganNya. Jangan takut dan jangan risau jika belum bertemu dengan belahan hati, Dia akan memberikannya dengan cara yang tepat dan baik jika kita bersabar dalam ikhtiar, insyaAllah.

Dan jika, kita sudah BERSANDING dengan seseorang dalam pernikahan, janganlah kau gundah hatimu dengannya. Jangan kau bertanya lagi itu jodohmu atau bukan, karena yang harus kau lakukan adalah, beriringan bersamanya, setia, salin menopang dan percaya, berjuang mengarungi kapal bernama RUMAH TANGGA bersamanya, selamanya. dan berdoalah, "Ya Allah, semoga belahan hatiku dalam ikatan suciMu ini, adalah jodoh hamba dunia dan akhirat. Amiin3x"
Barakallah...

kata orang2 yang sudah menikah (krn saya belum, kita ambil sample yg sudah menikah saja... hehehe...)
pertemuan pendamping hidup mereka unik2, ada yang tiba2 dalam waktu yg singkat ketemu pendamping hidup, ada yang harus berliku-liku, muter2 dulu, yach... tiap orang jalannya beda.
(bagi yg belum menikah, semoga dimudahkan :-) amiiin)

untuk yg belum menikah,

Allah, jagalah hati ini, untukMu dan untuknya, pasangan hidup kami
Allah, jagalah diri ini, untukMu dan untunya, pasangan hidup kami
Allah, pertemukanlah diri ini dengannya dengan proses yang baik
menuju ikatan suci yang Engkau ridhoi dan Engkau berkahi
suatu saat nanti...

Allah, semoga pasangan hidup kami nanti adalah jodoh kami dunia dan akhirat
amiiin.3x

untuk yang sudah menikah,

Allah, kuatkan cinta kami dalam ikatan ini
mengarungi samuderamu dalam rumah tangga kami

Allah, ijinkan kami saling menyayangi dalam perjuangan ini
membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah yang Engkau ridhoi

Allah, ketika Engkau mempertemukan kami dalam ikatan pernikahan ini,
jadikanlah pasangan kami ini jodoh kami dunia dan akhirat

Allah, kami memohon kuasa Rahmat dan PetunjukMu selalu dalam melangkah
untukMu, dalam jalan rumh tangga kami...
Amiin.3x

the end.......................
....

nah, begitulah kisah dan hikmah sy hr ini, silahkan dibaca, marui kita saling share jk ada uneg2, biar nambah ilmu sy yg kurang nie.
jazakumullah...


*********************************************************************
Barakallahufiik
semoga ada manfaatnya,
jika ada yang kurang atau yang kurang sreg, mari kita diskusikan,
berbagi ilmu dan amal demi kebaikan,

saya hanya manusia biasa,
mari kita sama2 belajar dari alim ulama demi perbaikan kita dan ummat
mohon diingatkan kalau ada salah atau khilaf
afwan kabiir...
*********************************************************************

2 comments:

Senandung Kasih Di Langit said...

subhannalloh sebuah inspirasi yang indah

M Emir Faisl Rakhman said...

Assalamu'alaikum ya Akhwat (SKdL)
Sudikiranya Silaturrohim kesini,
"https://www.facebook.com/faisal.rakhman.10"