Monday, February 11, 2013

Menghindari Stress Dengan Meditasi

 
Pertengahan tahun 2012 saya bertemu IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) secara tidak sengaja setelah saya membaca tulisan seorang ibu rumah tangga di dunia maya. Saya kagum dengan isi tulisannya, melihat beliau adalah ibu rumah tangga seperti saya. Kemudian kami berkenalan dan saya diperkenalkan dengan IIDN. 

IIDN adalah sebuah komunitas yang mewadahi para ibu dengan hobi menulisnya untuk bisa berkembang dan memiliki karya. Komunitas ini dibina oleh Indiscript Creative yang merupakan sebuah agensi naskah. Tidak hanya itu, sekarang ini Indiscript Creative sedang berjalan menjadi sebuah Personal Branding Agency yaitu pembuatan artikel berjenis SEO (Search Engine Optimization) untuk melejitkan popularitas website perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bagi saya, IIDN sungguh luarbiasa. Keberadaannya sangat bermanfaat membantu para ibu untuk bisa belajar dan menyalurkan hobi menulisnya. Berada di komunitas ini, hidup serasa lebih "bernyawa".
     
Saya sendiri meskipun hingga detik ini belum memiliki karya nyata yang berupa buku sekalipun, saya selalu bersemangat saat berada di IIDN. Semangat ibu-ibu yang luar biasa, iming-iming keberhasilan teman-teman yang tulisannya tembus media dan berhasil menelurkan buku-bukunya, mampu membuat semangat saya terus membara.

Melihat teman-teman yang terus melesat dengan karyanya, menyemangati saya untuk memasang berbagai macam target di bidang kepenulisan. Mengikuti berbagai macam event menulis seperti lomba atau pun pelatihan menulis seperti yang diadakan oleh Indiscript Creative beberapa hari yang lalu. Banyak target yang sudah saya pasang. Namun kadang pikiran dan badan merasa lelah, capek dengan semua aktifitas yang ada di samping saya harus tetap fokus menjalankan kewajiban sebagai seorang isteri dan seorang ibu.

Banyaknya aktifitas di rumah dan beberapa kegiatan di luar rumah menuntut saya untuk selalu sehat dan segar baik badan maupun pikiran. Saya kadang melepas penat dengan membaca buku-buku ringan, atau berkeliling kota bersama suami dan anak. Namun itu semua juga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, apalagi untuk berkeliling harus ada ongkos yang dikeluarkan.

Namun sekarang saya tidak perlu khawatir lagi. Ada sebuah metode sederhana tanpa waktu lama apalagi perlu ongkos untuk menghilangkan kepenatan dan juga stress. Metode itu disebut meditasi. Meditasi telah menjadi sebuah gaya hidup dan digemari sebagai salah satu cara untuk "mengusir stress."  

Jon Kabat-Zinn, Profesor dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) salah satu pakar meditasi, mengatakan,Wherever You Go, There You Are. Meditasi akan membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Tidak peduli bagaimana masa lalu Anda, seberapa terluka hati Anda, dan sekuat apa masalah dalam hidup Anda, meditasi membuat Anda begitu percaya bahwa masa depan Anda akan berkilau seperti sebuah berlian. Kehidupan yang terus berkembang, berbagai persoalan dan pencapaian, tidak akan memberikan pengaruh besar pada sikap kita. Meditasi membantu si sukses untuk tetap memandang ke bawah dan si gagal untuk tetap tegap melangkah.

Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana, atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat kita merasa selalu sibuk, terburu-buru, dan tertekan. Meditasi membantu kita untuk berpikir dan bertindak lebih tenang.
Klik di sini untuk melihat sumber gambar

Sebenarnya saya sudah lama mendengar tentang meditasi. Namun saya belum pernah mencobanya. Hal ini dikarenakan saya berpikiran bahwa meditasi itu harus ada guru yang membimbing, dilakukan bersama-sama seperti olahraga di alam terbuka dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun semua itu keliru. Meditasi adalah sebuah gabungan dari pengaturan pernafasan dan menjaga fokus kita dalam mengendalikan pikiran. Saat kita sibuk dan merasa penat, kita bisa berhenti sejenak dan mengatur pernafasan kita serta mengendalikan pikiran untuk fokus dengan apa yang sedang kita lakukan.

Meditasi sebagai gaya hidup itulah yang sudah dilakukan oleh seorang Adjie Silarus. Masa lalunya yang pernah membuat Adjie mengalami stres berat hingga kesehatan fisiknya melemah, ternyata tidak mampu membuat Adjie kalah. Adjie bangkit dan terus menguat. Dia mencapai titik puncak ketika menggunakan meditasi sebagai TERAPI dan menjadikannya sebuah gaya hidup sehat. Kini, Adjie Silarus semakin prima sebagai meditator. 

Ternyata memang sangat mudah bukan. Mari kita mencoba untuk berhenti sejenak dari aktifitas, bermeditasi untuk mengembalikan fokus pikiran kita, menyehatkan pikiran seteresnya seperti itu hingga suatu saat nanti kita juga mampu mencapai keberhasilan yang kita inginkan. Selamat mencoba !

4 comments:

Ibunya Hana said...

aduh, klepek-klepek liat blognya. Keren abis....Bunda

Tri [Hida Azzam] said...

Aduh, mbak ini.. nanti sy terbang 'sundul' langit bagaimana? :-) masih belajar juga Mbak, nulisnya masih belum bisa rutin mbak ...

Personal Branding Award said...

Peserta sudah terverifikasi. Terima kasih atas keikutsertaannya.

Tri [Hida Azzam] said...

Terimakasih banyak, ditunggu informasi selanjutnya.