Saya adalah seorang ibu rumah tangga muda yang memiliki
seorang anak berusia satu tahun. Sebelum menikah, saya berkuliah di
sebuah universitas negeri di Jawa Timur di jurusan
science.
Sejak kecil menyukai dunia organisasi dan gemar melakukan usaha
bisnis. Salah satunya waktu masih kuliah, saya membuka Lembaga
Bimbingan Belajar dan berjualan baju serta assesoris wanita. Kebiasaan
ini berlanjut hingga saya menikah. Cuma bedanya, saat kuliah saya
berbisnis dengan
offline (bertemu langsung dengan pembeli) sedangkan sejak menikah saya beralih dengan
online untuk menawarkan barang dagangan serta meluaskan jaringan.
Kemajuan teknologi telah memudahkan saya untuk melakukan transaksi
jual beli melalui internet, mulai dari menawarkan barang dagangan
(promosi), mengambil barang dagangan dari produsen, sampai transaksi
atau akad pembelian dengan konsumen. Berawal dari apa yang sudah saya
kerjakan selama ini dengan dunia bisnis melalui internet, hal ini
membuat saya tidak takut ketika suatau waktu saya juga ingin berbelanja
atau membeli kebutuhan rumah atau kebutuhan pribadi melalui internet.
Ada beberapa hal yang saya perhatikan betul saat saya membeli barang
melalui internet :
Kejelasan produk yang saya maksud adalah barang yang ditawarkan oleh toko di internet tersebut memiliki
branded
yang jelas, diproduksi oleh siapa dan saya melirik barang yang
ditawarkan dengan keterangan mendetail untuk jenis barang yang
dijualkan. Sehingga saya yakin dengan pilihan yang akan saya berikan dan
tidak membuat saya kecewa.
- Kejelasan Identitas Penjual
Hal ini sangat penting bagi saya. Para pedagang baik individu
atau pun toko baik kecil atau pun besar yang ada di internet, saya
selalu melihat terlebih dahulu kejelasan identitas penjual, mulai dari
nama, nomor telepon, alamat, hingga saya bisa menghubunginya secara
langsung. Jika mendapatkan tanggapan yang baik dan memuaskan, maka
saya sudah mendapatkan keyakinan kejelasan identitas penjual.
- Penawaran Transaksi yang Mudah
Kemudahan transaksi pembayaran yang saya beli secara
online menjadi salah satu bidikan saya. Misalkan ke sesama rekening yang bisa dengan
e-banking. Tentu saja
e-bangking
yang saya pilih yang tidak berbelit-belit dan tidak memberikan syarat
yang memusingkan. Saya berharap, jika suatu saat, ada lembaga semisal
Kompas Gramedia yang dikenal sebagai industri media, yang kabarnya
akan turut meramaikan industri e-commerce dengan diluncurkannya
sebuah produk layanan transaksi online, yaitu midazz, semoga layanan
ini benar-benar memudahkan konsumen dan para penikmat
e-commerce untuk melakukan transaksi lebih mudah.
- Garansi terjamin untuk barang-barang tertentu
Keberanian penjual atau pun toko-toko dalam memberikan garansi
baik perbaikan atau pun pengembalian dengan penukaran barang baru jika
terdapat cacat atau rusak, sangat menentukan keyakinan saya untuk
melakukan transaksi
e-commerce.
Beberapa hal di atas adalah poin-poin yang bias membantu saya dalam
menentukan pilihan ke mana dan pada siapa saya bisa mendapatkan barang
secara
online. Dengan begitu, saya tidak perlu repot keluar
rumah untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan. Begitu pula dengan
Anda. Cukup melihat secara
online dari rumah atau pun di mana
Anda berada, menghubungi penjual, menanyakan informasi barang yang
kita butuhkan, dan mencari kemantapan hati pada barang tertentu.
Setelah mendapatkan apa yang dicari, hanya cukup dengan transaksi
secara online juga, barang akan sampai ke alamat tempat tinggal kita.
Gampang dan praktis bukan, dengan kemudahan
e-commerce, sekarang Anda tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk mencari barang yang Anda butuhkan. Selamat berbelanja.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/24/berbelanja-tidak-perlu-repot-keluar-rumah/498020/
http://www.midazz.com/midazz.html
http://www.midazz.com/how.html
https://www.facebook.com/notes/tri-nurhidayati/berbelanja-tidak-perlu-repot-keluar-rumah/10151203523289836